Monday, July 20, 2020

Download RPP Tematik Kelas 5 Tema 2 Semester 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013 


Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :  5 /1
Tema                        :  Organ Gerak Hewan Dan Manusia (Tema 1) 
Sub Tema                  :  Organ Gerak Hewan (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke :  3
Alokasi waktu          :  1 Hari

KOMPETENSI INTI
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : PPKn
No
Kompetensi
Indikator

1.1



Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
1.1.1
Mengamalkan nilia-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

2.1 
 Bersikap tanggung jawab, cinta tanah air, dan rela berkorban sesuai nilai-nilai sila Pancasila.

2.1.1
Menerapkan  sikap-sikap  yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila secara tepat.

3.1
Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

3.1.1
Menunjukkan Nilai-nilai pancasila yang tedapat dalam lingkungan sekitar.

4.1 
Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.1.1
Membuat laporan tentang nilai-nilai pancasila yang tedapat dalam kehidupan sehari-hari.


Muatan : IPS
No
Kompetensi
Indikator

3.1  
Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.

3.1.1



3.1.2
 Mencari pengaruh ekonomi, sosial dan budaya terhadap letak geografis Indonesia

Menunjukkan perubahan alam yang di sebabkan oleh perilaku manusia.


4.1 
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
4.1.1



4.1.2
Menuliskan tentang perilaku manusia yang mempengaruhi Perubahan alam.

Menggambar letak geografis tempat tinggal Mains-masing sesuai peta.






Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator

3.1 


Menentukan pokok pikiran 
dalam teks lisan dan tulis.

3.1.1
Meyebutkan ide pokok yang tedapat pada teks bacaan.


4.1
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan 
visual.
4.1.1
Menuliskan ide pokok yang did apat dari teks.


TUJUAN 
Dengan mengamati teks, siswa mampu mengidentifikasi sikap-sikap  yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila secara tepat.
Dengan berdiskusi, siswa mampu menganalisa sikap-sikap yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dengan percaya diri.
Dengan membaca teks, siswa menemukan contoh perubahan alam yang diakibatkan karena perilaku manusia secara benar.
Dengan membaca dan menulis, siswa mampu menentukan ide pokok dari teks secara benar.

MATERI
Perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila
Perilaku yang menyebabkan perubahan alam.
Kondisi Geografi negara indonesia.
peta indonesia.


PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

Untuk lebih lengkapnya kalian bisa download melalui link disini download

Terimakasih atas kunjungannya semoga brrmanfaat, dan jangan lupa dishare keteman guru lainnya.
Previous Post
Next Post

0 komentar: